Terjadinya Petir

Penyebab orang tersambar petir – Petir atau biasa juga disebut kilat atau halilintar biasanya terjadi pada musim penghujan. Petir ditandai dengan kilatan cahaya putih, diikuti dengan dentuman atau suara yang keras dan bergema.



Petir merupakan gejala atau fenomena alam yang memang terjadi di mana-mana, termasuk daerah tropis seperti Indonesia. Petir adalah kilatan cahaya putih yang terang, diikuti dengan suara gemuruh yang dikenal sebagai guntur atau guruh.





Biasanya petir dan guntur terjadi secara bersamaan, meskipun terkadang ada jeda antara keduanya namun tidak terlalu jauh. Perbedaan waktu antara sinar cahaya dan petir disebabkan oleh perbandingan kecepatan cahaya dan suara dalam fenomena alam ini.





Beberapa ahli bahkan menganggap petir sebagai simbol listrik alam. Fenomena alam ini bisa mirip dengan kapasitor raksasa yang susunan pertamanya berupa awan lempeng positif dan negatif, sedangkan susunan kedua adalah bumi yang dianggap lempeng netral.







Secara umum kapasitor adalah komponen pasif dalam rangkaian listrik yang dapat menyimpan energi untuk sementara waktu. Petir juga dapat terjadi ketika awan bertemu dengan awan lainnya. Namun, kedua awan tersebut pasti memiliki muatan yang berbeda,yaitu positif dan negatif.





Petir merupakan fenomena alam yang sering terjadi, terutama pada saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Bahkan sambaran petir terkadang menimbulkan korban jiwa dan kerugian material.
Dilansir dari Suara.com, contoh peristiwanya terjadi di sekitar Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat pada Kamis malam, (5/8/2022) lalu. Bagaimana tidak, sedikitnya 3 orang tersambar petir dan ketiganya meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit terdekat.








Dua di antaranya adalah pasangan bernama James Mueller dan Dona Mueller. Keduanya diketahui sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-56. Sedangkan, seorang laki-laki berusia 29 tahun dilarikan ke rumah sakit namun sayangnya meninggal dunia saat akan menerima perawatan lebih lanjut.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

magnet